LOGIN

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini68
mod_vvisit_counterKemarin138
mod_vvisit_counterMinggu ini981
mod_vvisit_counterBulan ini2001
mod_vvisit_counterSemua650515

MAP

Bahasa IndonesiaEnglish (United Kingdom)
Home Berita Lahirkan Para Juara Olimpiade
Lahirkan Para Juara Olimpiade
Kamis, 30 April 2009 09:36
Share | |
SURABAYA -Keberhasilan tiga siswa SMAK St Louis I Surabaya dalam seleksi olimpiade sains nasional (OSN) 2009 bidang biologi tingkat kota/kabupaten tidak lepas dari tangan dingin Ida Bagus Made Artadana. Dosen Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (Ubaya) itulah yang memberikan bimbingan khusus kepada para siswa itu selama setahun terakhir.

Sebenarnya ada 12 siswa yang mengikuti pelatihan di bawah asuhan Artadana. Tapi, karena peserta dibatasi, hanya lima siswa yang berhak tampil dalam OSN. Hasilnya, tiga pemenang pertama diraih siswa SMAK St Louis I. Mereka adalah Regina Ciputra, Michael Lucida, dan Wewin Tjiasmanto.

Menurut Arta, Fakultas Teknobiologi Ubaya memang memiliki program pembinaan dalam belajar biologi. Namanya Pembinaan Biologi Sains Club. ''Ini sudah kami lakukan sejak dua tahun lalu,'' ujarnya.

Pada OSN tahun lalu, Arta sukses mengantarkan dua siswa mengikuti OSN hingga tingkat nasional. ''Tapi belum menang,'' ujarnya.

Pembinaan itu antara lain berupa pengajaran materi yang biasanya diujikan dalam OSN. Pembinaan dilakukan untuk guru-guru biologi di SMAK St Louis I. ''Sebulan sebelum OSN, baru saya memberikan pelatihan materi dan mengerjakan soal bersama para siswa,'' ujarnya.

Arta menambahkan, pada OSN 2009, dari tiga siswa yang dibinanya, ada yang bisa menembus juara tingkat nasional. ''Mereka harus juara,'' ujarnya.

Saat ini, pihaknya melakukan pembinaan intensif dengan pelatihan-pelatihan kepada tiga siswa tersebut. ''Seleksi OSN tingkat provinsi sudah dekat, awal Juni nanti,'' ujarnya.(alb/ari).

dikutip dari JawaPos 30 April 2009