LOGIN

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini107
mod_vvisit_counterKemarin166
mod_vvisit_counterMinggu ini543
mod_vvisit_counterBulan ini4172
mod_vvisit_counterSemua633982

MAP

Bahasa IndonesiaEnglish (United Kingdom)
Home Berita Peluang kerja sama antara National Taiwan University of Science and Technology dan Ubaya
Peluang kerja sama antara National Taiwan University of Science and Technology dan Ubaya
Selasa, 30 Juni 2009 09:04
Share | |
Sebuah peluang kerja sama yang sangat baik bagi Ubaya datang dari National Taiwan University of Science and Technology (NTUST). Ini diawali oleh Jurusan Teknik Kimia (Tekkim) Ubaya dalam hal ini oleh Putu Doddy Sutrisna, S.T., M.Sc. yang saat ini selaku Ketua Jurusan Tekkim Ubaya yang berkesempatan melakukan pertemuan dengan Professor Ju Yi Hsu dari NTUST dalam Regional Symposium on Chemical Engineering (RSCE) di Hanoi, Vietnam di tahun 2005.

Peluang kerja sama antara National Taiwan University of Science and Technology dan Ubaya
Atas Kiri ke kanan : Prof Terrence Lee, Putu Doddy, Buana,
dan Prof Ju Yi Hsu. Bawah: Bapak Putu Doddy di depan kampus NTUST


Pertemuan tersebut ternyata berbuah suatu pembicaraan untuk menginisiasi suatu kerja sama antara Jurusan Tekkim Ubaya dengan Chemical Engineering Department of NTUST. Inisiasi kerja sama tersebut telah dilakukan dengan diundangnya Putu oleh NTUST untuk mengunjungi kampus mereka pada tanggal 2 hingga 6 Juni 2009 yang lalu.

Kesempatan ini tentunya tidak disia-siakan begitu saja. Pada kunjungan tersebut Putu telah melakukan diskusi dan pertemuan dengan berbagai pihak di NTUST, diantaranya dengan Professor Ou selaku Dean of Engineering College, Professor Terrence Lee selaku Dean of International Affairs, Professor J.C. Liu selaku Koordinator International Academic Programme di Chemical Engineering Department, serta beberapa staf dosen/lecturer di Chemical Engineering Department, NTUST. Pada pertemuan-pertemuan tersebut, Putu berkesempatan untuk memperkenalkan dan mempresentasikan Ubaya secara umum dan Jurusan Teknik Kimia Ubaya secara khusus. Dari diskusi yang telah dilakukan, terbuka berbagai peluang kerja sama antara Jurusan Teknik Kimia Ubaya dengan Chemical Engineering Department NTUST, diantaranya berupa pemberian beasiswa penuh S-2 (Master) dan S-3 (Doktor) bagi mahasiswa dan dosen Jurusan Teknik Kimia Ubaya jika mereka ingin melanjutkan studi di NTUST. Selain itu dimungkinkan juga untuk melakukan kerja sama penelitian dosen dan pertukaran mahasiswa dimana mahasiswa Tekkim Ubaya yang sedang melakukan penelitian tugas akhir mereka dapat melakukan penelitiannya di NTUST. Tentunya peluang – peluang kerja sama ini sangat berguna bagi Tekkim Ubaya dan Ubaya secara keseluruhan. Hingga saat ini telah ada alumni Tekkim Ubaya yang memperoleh beasiswa S-2 di NTUST dan ke depannya tentunya diharapkan akan semakin banyak yang bisa menyusul ke Taiwan.
Dari kunjungan yang telah dilakukan ini, Putu berharap kerja sama dengan pihak NTUST dan juga berbagai Perguruan Tinggi di Taiwan yang telah dilakukan oleh Jurusan Teknik Kimia Ubaya bisa semakin berkembang demi kemajuan jurusan dan Ubaya secara umum.


Sekilas tentang NTUST

NTUST merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Taiwan yang terletak di jantung ibu kota Taiwan, Taipei. NTUST memfasilitasi calon mahasiswa S-2 dan S-3 dari Indonesia dengan memberikan beasiswa tuition fee dan living cost secara penuh dan menyediakan fasilitas akomodasi di dalam kampus yang dilengkapi dengan sambungan internet yang sangat cepat. Fasilitas laboratorium dan peralatan yang dimiliki oleh NTUST, khususnya Chemical Engineering Department mereka, sangat lengkap dan canggih yang dapat diakses oleh para mahasiswa. Program Master dan Doktor yang ditawarkan oleh NTUST diberikan dalam bahasa inggris sehingga memudahkan para mahasiswa internasional, namun bagi mahasiswa yang ingin belajar bahasa mandarin juga diberikan fasilitas kursus selain memang bahasa sehari – hari masyarakat di Taipei adalah bahasa mandarin.

dikutip dari www.ubaya.ac.id