LOGIN

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini30
mod_vvisit_counterKemarin158
mod_vvisit_counterMinggu ini639
mod_vvisit_counterBulan ini2701
mod_vvisit_counterSemua642508

MAP

Bahasa IndonesiaEnglish (United Kingdom)
Home Berita DMP & TM, Fakultas Teknik Universitas Surabaya Juarai InDiSCo UNDIP 2010
DMP & TM, Fakultas Teknik Universitas Surabaya Juarai InDiSCo UNDIP 2010
Selasa, 23 November 2010 09:54
Share | |

Desain Manajemen Produk – Fakultas Teknik kembali menorehkan prestasi, diusianya yang masih belia sederet prestasi telah diraih. Yang terbaru adalah Juara 2 Lomba Desain Produk Industri InDiSCo UNDIP 2010. Industrial Design Seminar and Competition (InDiSCo) merupakan sebuah acara perlombaan berbasis desain yang dibalut seminar yang bertemakan sama yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Dalam perlombaan tahun ini mengangkat tema "Suistainable Product for Indonesian Quality of Life Improvement". Dilaksanakan pada tanggal 6-7 Nopember 2010, bertempat di Gedung TeknikIndustri Kampus Universitas Diponegoro Tembalang, Semarang. Desain produk industri yang dilombakan pada InDiSCo 2010 adalah produk dengan klasifikasi furnishing dan household goods yang mengacu pada pengklasifikasian desain industri berdasarkan Locarno Agreement.

ki-ka Kumara-Yuzu-Indra dengan trophy kejuaraan hasil ide produk water balance
ki-ka Kumara-Yuzu-Indra dengan trophy kejuaraan
hasil ide produk water balance


Delegasi Ubaya diwakili oleh 2 tim, yaitu Tim Sparklenger dengan anggota Yoan Candra (DMP, 2008) & Deby Delima Dewi (TM, 2008) yang mengusung produk Gapotcha (Gardening Protable Chair). Serta Tim Scale dengan anggota Yunita Suwandy (DMP 2007) dengan produk Water Balance, sarana penimbang bahan resep masakan, Dibawah bimbingan Kumara Sadana Putra S.Ds, dosen DMP, kedua tim itu berlaga pada lomba yang diikuti oleh 12 tim Perguruan Tinggi Se-Indonesia yang berasal dari Univ.Maranatha Bandung, ITHB Bandung, Univ. Gunadharma Jakarta, Univ.Muhamadiyah Magelang, Univ. Dian Nuswantoro Semarang, dan tim tuan rumah sendiri.

Dari hasil 2 kali penjurian, dimana babak penyisihan memilih 5 finalis dan penjurian final, Maka tim Scale terpilih sebagai juara 2, dihadapan dewan juri yang memiliki latar belakang ilmu dari Desain Produk, Arsitektur dan Teknik Industri. Yunita Suwandy (Yuzu) & Indra Kurniawan berhasil meyakinkan inovasi fungsi produk Water Balance. “Keunikan produk ini adalah indikator penimbang yang menggunakan fenomena air, idenya didapatkan dari mekanisme timbangan tradisional dan prinsip kerja waterpass” papar Yuzu, sang innovator produk.

Tim Scale berhasil menggondol hadiah berupa Trophy, uang pembinaan sebesar Rp.2,250,000, dan sertifikat. Indra Kurniawan berujar “Ini pengalaman pertama kali ikut lomba nasional di luar kota, awalnya kami tidak yakin akan kesiapan karena waktu yang mepet, tapi setelah melihat karya peserta lain jadi lebih PD karena konsep output produk yang peserta lain bukan berupa prototype”. Kumara menambahkan “Water Balance merupakan produk hasil tugas kuliah PDP 3, Desain dan Fenomena Alam, semester Gasal 2009-2010. Tim ini kami persiapkan hanya dalam waktu 10 hari, karya Yuzu & Yoan terpilih karena merupakan karya tugas terbaik mahasiswa MK Proyek Desain Produk 1-4 (PDP) yang aplikatif. Kemenangan ini merupakan kemenangan kurikulum DMP” (kumy)