LOGIN

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini30
mod_vvisit_counterKemarin158
mod_vvisit_counterMinggu ini639
mod_vvisit_counterBulan ini2701
mod_vvisit_counterSemua642508

MAP

Bahasa IndonesiaEnglish (United Kingdom)
Home Berita Finalis ILPC 2011 didominasi SMA-SMA di luar Jawa Timur
Finalis ILPC 2011 didominasi SMA-SMA di luar Jawa Timur
Sabtu, 12 Maret 2011 08:25
Share | |

Informatics Logical Programming Competition (ILPC) adalah sebuah perlombaan yang diadakan oleh Jurusan Teknik Informatika. Perlombaan ini diadakan setiap tahunnya pada bulan Februari dan diikuti oleh Siswa SMA atau sederajat yang berasal dari seluruh Indonesia. Materi yang dilombakan dalam ILPC ini sendiri adalah pemrograman dan logika, yang merupakan salah satu inti materi yang diajarkan di Jurusan Teknik Informatika, dan materi tersebut dilombakan dalam tiga babak, yaitu penyisihan online, semifinal, dan final. Pada 2011 ini, ILPC telah memasuki tahun pelaksanaan yang kelima dengan mengambil tema ‘Be Our Future Nation Heroes’ dan sebagai ketua panitia adalah mahasiswa IT DD, Steven Kasim dan didampingi oleh dosen pembimbing Njoto Benarkah.


alt
"Suasana ILPC 2011 Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya"

Salah satu fenomena menarik yang muncul pada ILPC adalah cukup banyaknya ketertarikan dari siswa SMA yang berasal dari luar kota Surabaya untuk mengikuti perlombaan ini. Pada ILPC 2010, rasio jumlah peserta yang berasal dari luar kota Surabaya hampir sama dengan rasio peserta yang berasal dari Surabaya sedangkan pada ILPC 2011, rasio peserta dari luar kota Surabaya hampir enam kali lebih banyak dibanding peserta yang berasal dari dalam kota. Pada tahun ini juga, jumlah sekolah yang menjadi peserta ILPC 2011 cukup beragam apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Babak penyisihan yang dilakukan secara online diikuti oleh SMA-SMA mulai dari Medan, Bangka Belitung, Tangerang, Bandung, Sragen, sampai dengan Denpasar, Samarinda dan Makasar. 30 tim yang disaring untuk lolos mengikuti babak semifinal dan final yang diadakan di area Fakultas Teknik Kampus Ubaya Tenggilis pada tanggal 24-26 Februari 2011. Tim-tim yang berhasil lolos ke babak semifinal dan hadir di Kampus Tenggilis adalah SMA-SMA mulai dari Bangka Belitung, Tangerang, Bandung, Sragen, sampai dengan Denpasar, Samarinda dan Makasar.

Babak Final ILPC 2011 dibagi menjadi dua bagian, yaitu logika dan pemrograman. Pada bagian pertama, peserta diminta menjawab soal – soal logika sedangkan pada bagian kedua, peserta diminta untuk menyelesaikan soal pemrograman. Pada bagian pemrograman, jawaban peserta akan langsung dinilai oleh juri dan hasilnya akan langsung ditampilkan pada papan skor yang ditampilkan di depan ruangan yang digunakan sebagai tempat penyelenggaraan babak final. Apabila tim peserta berhasil menjawab soal pemrograman dengan benar, maka tim tersebut akan mendapatkan bendera tanda keberhasilan menjawab soal tersebut. Pemenang ILPC 2011 akan ditentukan dari perhitungan poin yang didapatkan dari soal logika dan pemrograman. Juara ILPC tahun lalu yang berasal dari Denpasar menempati posisi keempat. Tim yang menduduki posisi lima besar setelah babak final ini selesai berasal dari 3 sekolah yang terletak di luar kota Surabaya, yaitu kota Bandung, Sragen, dan Denpasar. Juara ketiga direbut oleh Pribadi Billingual Boarding School Bandung, juara kedua diperoleh SMAN Sragen Billingual Boarding School , dan juara pertama ILPC 2011 adalah SMAN Sragen Billingual Boarding School.


dikutip dari : www.ubaya.ac.id