LOGIN

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini62
mod_vvisit_counterKemarin187
mod_vvisit_counterMinggu ini1217
mod_vvisit_counterBulan ini5449
mod_vvisit_counterSemua622696

MAP

Bahasa IndonesiaEnglish (United Kingdom)
Home Berita Robot-robot Humanoid Tanding Sepakbola di KRI-KRCI Regional IV
Robot-robot Humanoid Tanding Sepakbola di KRI-KRCI Regional IV
Kamis, 23 Juni 2011 15:12
Share | |

suarasurabaya.net | Berbeda dengan yang sudah-sudah, tahun ini perhelatan Kontes Robot Indonesia-Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI-KRCI) akan dimeriahkan kategori baru, yakni Battle Robosoccer Humanoid. Pada kategori ini, robot-robot beranatomi seperti manusia akan tampil bersaing dalam liga sepakbola.


alt

"Salah satu peserta dan robot hasil

ciptaannya.[Foto : EDDY suarasurabaya.net]"


Dalam KRI-KRCI 2011 Regional IV yang akan bertanding selama 2 hari mulai Sabtu (07/05) mendatang, ada 8 tim Robosoccer Humanoid yang bakal tampil. Mereka berasal dari ITS, Politeknik Banyuwangi, Politeknik elektrionika Negeri Surabaya (PENS), Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Surabaya, dan UK Widya Mandala Surabaya.

Dr. Ir. ENDRA PITOWARNO, M.Eng Wakil Ketua Panitia KRI-KRCI Regional IV pada suarasurabaya.net mengatakan kategori ini diadakan bukan untuk dilombakan pada ABU Robocon 2011 yang akan digelar di Bangkok, Thailand akhir tahun ini seperti kategori lainnya. ”Ada target lain. Panitia KRI-KRCI Nasional 2011 ingin mengikutsertakan robot-robot humanoid ini pada Robocup 2012 di Meksiko.

Kompetisi itu mempertandingkan sepakbola robot otomatis. Melibatkan 2 robot untuk masing-masing tim dengan target membuat gol ke masing-masing gawang lawannya.

”Pada kompetisi KRI-KRCI ini, baik pada level nasional maupun regional, kita modifikasi sesuai kondisi robot yang dimiliki tiap peserta. Masing-masing tim hanya 1 robot berusaha memasukkan 5 bola ke gawang lawannya,” kata ENDRA.

Pada KRI-KRCI Nasional nanti akan dipilih 2 peserta terbaik untuk mewakili Indonesia dalam Robocup 2012 di Meksiko.

”Kategori ini menarik karena secara anatomis, pergerakan ini mirip manusia. Saat jatuh, dia bisa berdiri sendiri secara otomatis dengan pergerakan mirip manusia, begitu juga tendangan dan larinya hampir mirip manusia, meskipun pergerakannya belum secepat manusia,” kata dia.

Karena masih baru secara teknologi, kata ENDRA, tidak semua tim menggunakan robot yang dibuat sendiri. Seperti pada KRI-KRCI regional V di Palu pada 30 April hingga 1 Mei 2011 lalu, kata ENDRA, melibatkan robot-robot ’naturalisasi’

”Artinya, robot itu dibeli dari luar negeri, tapi diprogram lagi oleh mahasiswa-mahasiswa peserta regional V,” kata ENDRA.

Pertandingan robot bersepakbola ini, kata ENDRA, akan menjadi tontonan menarik pada KRI-KRCI Regional IV di Gedung Robotika ITS, 7-8 Mei 2011 mendatang.

dikutip dari : www.ubaya.ac.id