LOGIN

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini29
mod_vvisit_counterKemarin161
mod_vvisit_counterMinggu ini1559
mod_vvisit_counterBulan ini5577
mod_vvisit_counterSemua622824

MAP

Bahasa IndonesiaEnglish (United Kingdom)
Home Berita Jurusan Teknik Informatika Mengadakan Kuliah Tamu Dengan Pembicara Alumni Informatika Pembuat Si Hebring
Jurusan Teknik Informatika Mengadakan Kuliah Tamu Dengan Pembicara Alumni Informatika Pembuat Si Hebring
Rabu, 23 November 2011 15:26
Share | |

Jurusan Teknik Informatika kembali mengadakan kuliah tamu pada tanggal 8 Nopember 2011. Kuliah tamu yang diadakan di Lab Komputer TC 4 kali ini berupa Workshop Pembuatan Animasi Karakter dengan Blender 3D. Adapun yang menjadi pembicara adalah Mohammad Fardiansyah atau lebih dikenal dengan nama Fafan, salah satu alumni Jurusan Teknik Informatika Universitas Surabaya yang saat ini telah sukses bekerja di industri multimedia di tanah air.


"Suasana Kuliah Tamu Jurusan Teknik Informatika Dengan Pembicara Mohamad Fardiansyah Pembuatan Si Hebring (foto dok. Stephanus Eko Wahyudi)"

           Beliau merupakan salah satu founder Main Studios bersama-sama dengan Andi Martin dan Marlin Sugama, sebuah perusahaan multimedia yang didirikan pada tahun 2007. Perusahaan yang  bergerak di bidang game dan animasi 3D ini, di usianya yang masih sangat muda telah menelurkan beberapa karya animasi yang telah mendapatkan berbagai penghargaan di tingkat nasional maupun dunia. Salah satu karya fenomenal yang sudah tidak asing lagi di dunia animasi Indonesia adalah serangkaian animasi dengan tokoh si Hebring, seorang super hero yang dikisahkan berasal dari Betawi.

           Si Hebring telah memenangkan penghargaan sebagai Winner pada INAICTA 2007 dan 2009, Winning Participant ASIAGRAPH Tokyo 2009, Finalis Blender Foundation's Suzanne Awards Amsterdam 2010, dan banyak lagi. Selain itu animasi ini juga telah mendapatkan kesempatan untuk ditampilkan dalam berbagai Festival Film maupun animasi tingkat dunia. Karya terbaru Main Studios adalah Dazu, yang pada tahun 2011 ini menjadi salah satu finalis Animasi Digital terbaik dalam pegelaran INAICTA (Indonesia ICT Award) 2011, dan dalam waktu dekat akan bertarung di sebuah kompetisi tingkat dunia di Amsterdam.

          Pada kesempatan kali ini Fafan memberikan bekal ilmu dasar animasi 3D dengan menggunakan Blender. Beliau memaparkan berbagai tips untuk pembuatan animasi yang sesuai dengan standar industri. Dimulai dengan pengenalan berbagai tools animasi yang tersedia, mahasiswa diminta untuk membuat sebuah animasi sederhana yang seringkali dijadikan bahan acuan Fafan dalam menerima staf yang akan bekerja di perusahaannya. Selama acara yang berlangsung kurang-lebih 3 jam ini, para mahasiswa yang sebagian besar berasal dari Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Universitas Surabaya ini nampak begitu antusias untuk mendengarkan maupun mencoba berbagai arahan yang diberikan.

         Bu Melissa Angga, S.T., MMComp yang merupakan Koordinator Program Multimedia sekaligus Kepala Laboratorium Multimedia Universitas Surabaya mengatakan, acara ini diselenggarakan untuk membuka wawasan mahasiswa terhadap dunia animasi 3D, mulai dari alternatif  free/open source softwares, serta tips untuk bekerja di bidang multimedia, khususnya pada bidang pembuatan animasi 3D. Bagi Fafan sendiri, kesempatan kali ini dianggap sebagai salah satu bentuk keperdulian terhadap almamaternya, dengan mempersembahkan keahliannya yang telah membawanya ke kancah persaingan tingkat internasional.

dikutip dari : www.ubaya.ac.id