LOGIN

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini236
mod_vvisit_counterKemarin247
mod_vvisit_counterMinggu ini714
mod_vvisit_counterBulan ini6454
mod_vvisit_counterSemua623701

MAP

Bahasa IndonesiaEnglish (United Kingdom)
Home Berita BlueDuck TEUS (Ubaya) Juara I Divisi Senior Berkaki dalam KRI-KRCI Regional IV
BlueDuck TEUS (Ubaya) Juara I Divisi Senior Berkaki dalam KRI-KRCI Regional IV
Kamis, 29 May 2008 16:41
Share | |
Final KRCI telah berhasil menyelesaikan seluruh pertandingan dengan tim BlueDuck_TEUS (Ubaya) sebagai juara pertama, tanpa ada juara II dan III pada divisi Senior Berkaki.

Surabaya – Surabaya Post
Akhirnya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) merajai Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Regional IV tahun 2008. Itu setelah beberapa awak ITS memenangkan final KRI-KRCI di Graha ITS Sukolilo, Minggu (18/5).

Final tersebut berlangsung menegangkan. Namun Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS berhasil kembali menunjukkan ketangguhannya meraih juara pertama menumbangkan Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang. PENS ITS yang diwakili tim Jump-Be memang tak terkalahkan sejak babak penyisihan hingga final melawan tim KHIL_G dari Unibraw.

Meski tak mampu mencetak Govinda, dalam babak final itu Jump-Be berhasil mengumpulkan poin 31. Sedangkan KHIL_G hanya mampu meraih poin 13. Semula poin yang dikumpulkan 16, tapi kena penalti -3 karena dianggap sengaja menjatuhkan salah satu pot dan cheese.

Keberhasilan tim KHIL_G melaju ke babak final merupakan kejutan tersendiri. Sebab di luar dugaan, tim andalan Unibraw ini berhasil mengalahkan tim Koumori ITS dengan skor 18-12 di babak semifinal.

“Kemenangan Unibraw atas ITS ini memang di luar dugaan, kemampuan Unibraw ini meningkat pesat dari tahun ke tahun,” ujar Ketua Dewan Juri Lomba, Dr Ir Endra Pitowarno.

Tim Koumori sendiri gagal melaju ke final, karena robot otomatisnya sempat macet dan menghalangi robot otomatis lainnya, sehingga hanya mampu mengumpulkan poin pot dan cheese oleh robot manualnya. Kehebatan tim Jum-Be bisa dilihat sejak awal. Bahkan tim ini mampu mencetak Govinda atau skor sempurna 48 sebanyak tiga kali. Sedangkan tim Koumori ITS hanya dua kali.

Hanya saja pada saat semifinal dan final, tak ada satu pun tim yang berhasil melakukan Govinda, tak terkecuali tim Jump-Be dan Koumori. Hebatnya lagi, kedua tim ini sama-sama berhasil mencetak Govinda pada detik ke-38 saat perempat final. Menurut Endra, saat semifinal dan final para tim sepertinya hanya berfokus pada pengambilan poin yang ada di dekatnya dan berusaha memblokir lawan.

Sementara meski hampir gagal menuju Jakarta untuk bertarung di tingkat nasional, tim Koumori akhirnya mampu memetik kemenangan di posisi ketiga setelah mengalahkan tim Rengganis dari Unesa dengan skor 15-9.

Final KRCI

Sedang final KRCI yang juga berlangsung di tempat yang sama, berhasil menyelesaikan seluruh pertandingan. Hasilnya, untuk divisi Senior Beroda dimenangkan oleh tim TENSAI dari PENS ITS di posisi I, posisi II ditempati tim Robotax (STMIK Dipanegara Makassar), dan posisi III tim METEORZ (UKWM Surabaya). Sedang divisi Senior Berkaki hanya menempatkan juara pertama oleh tim BlueDuck_TEUS (Ubaya), tanpa ada juara II dan III.

Untuk divisi Expert Single menempatkan tim gho-zie (PENS) di tempat pertama, kedua oleh tim STAR_FA (UKWM Surabaya), dan ketiga tim TnT (ITS). Sedangkan Expert Swarm dimenangkan tim AhzA (PENS), posisi II tim Black_Ant_TEUS (Ubaya) dan posisi III tidak ada pemenangnya.

“Tak ada pemenang, karena tim-tim lainnya tidak ada yang bisa menyelesaikan tugasnya, sehingga tak ada poin sama sekali,” imbuh Ir Dadet Prahmadianto PhD, Juri Lomba KRCI. “Tapi nantinya, semua daftar peserta dan hasil penilaiannya akan dikirim ke Jakarta untuk dijadikan pertimbangan pusat mengisi posisi yang masih kosong itu. Semua juara I-III, baik dari KRI maupun tiap divisi KRCI akan mewakili Regional IV bertarung di tingkat nasional yang berlangsung di Universitas Indonesia (UI) Jakarta pada 14 Juni,” tambahnya. (ary)

Juara Kontes Robot

KRI:

1. Tim Jump-Be (PENS ITS)

2. Tim KHIL_G (Unibraw)

3. Tim Koumori (ITS)

KRCI:

- Divisi Senior Beroda :

1. TENSAI (PENS ITS)

2. Robotax (STMIK Dipanegara Makassar)

3. METEORZ (UKWM Surabaya)


- Divisi Senior Berkaki :

1. BlueDuck TEUS (Ubaya)

2. Tidak ada

3. Tidak ada

- Divisi Expert Single :

1. gho-zhie (PENS ITS)

2. STAR_FA (UKWM Surabaya)

3. TnT (ITS)

- Divisi Expert Swarm :

1. AhzA (PENS)

2. Black_Ant_TEUS (Ubaya)

3. Tidak ada

Sumber : Surabaya Post, 19 Mei 2008
[eko]

dikutip dari www.ubaya.ac.id