LOGIN

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini56
mod_vvisit_counterKemarin114
mod_vvisit_counterMinggu ini1154
mod_vvisit_counterBulan ini3559
mod_vvisit_counterSemua633369

MAP

Bahasa IndonesiaEnglish (United Kingdom)
Home Berita Flashdisc yang Bisa Simpan Energi - Desain Mahasiswa Teknik Industri Ubaya
Flashdisc yang Bisa Simpan Energi - Desain Mahasiswa Teknik Industri Ubaya
Sabtu, 14 Juni 2008 10:04
Share | |
Tuntutan hemat energi di saat semakin tingginya harga bahan bakar minyak (BBM) direspons mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) mendesain alat yang bisa menyimpan plus menghasilkan energi alternatif. Seperti yang dilakukan tiga mahasiswa teknik industri (TI) yang memenangi Product Design Contest 2008 yang diadakan Kelompok Studi Teknik Manufaktur FT Ubaya kemarin (13/6).



Tiga mahasiswa itu adalah Edwin K. Lunggito, William Firman, dan Yusuf Adi P. Mereka merancang chloro-port alias flashdisc yang ramah lingkungan. Chloro-port tersebut tak hanya berfungsi sebagai flashdisc yang bisa menyimpan berbagai data. ''Tapi juga menjadi indikator daya plus penyimpan energi,'' tutur William, mahasiswa TI semester empat.

Chloro-port memang masih berbentuk rancangan. Tapi, mereka telah melakukan penelitian mendalam saat perancangan, sehingga mereka amat yakin alat yang dibuatnya dapat diproduksi masal.

Secara umum, chloro-port tak beda dengan flashdisc lain. ''Mungkin hanya tampilannya yang unik, seperti gitar. Ini memang terbuat dari kayu,'' imbuh Edwin.

Flashdisc tersebut memiliki tiga fungsi, yakni sebagai penyimpan data, power indicator (mengindikasi daya), dan menyimpan energi. Khusus untuk kedua fungsi terakhir, dibandingkan flashdisc lain, hanya chloro-port yang punya. (ara/ari)

dikutip dari Jawapos, 14 Juni 2008
[eko]