LOGIN

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini49
mod_vvisit_counterKemarin114
mod_vvisit_counterMinggu ini578
mod_vvisit_counterBulan ini1679
mod_vvisit_counterSemua650193

MAP

Bahasa IndonesiaEnglish (United Kingdom)
Home Berita Merchandise Unik dan Kreatif dari Mahasiswa Program Multimedia, Jurusan Teknik Informatika Ubaya
Merchandise Unik dan Kreatif dari Mahasiswa Program Multimedia, Jurusan Teknik Informatika Ubaya
Rabu, 16 Juli 2008 11:31
Share | |
Pada Hari Senin 14 Juli 2008 lalu, puluhan mahasiswa program Multimedia, Jurusan Teknik Informatika Universitas Surabaya memamerkan hasil karya mereka yang merupakan salah satu project dari mata kuliah Aplikasi Komputer Grafis II. Berbagai jenis desain materi promosi terkait dengan produk imajinasi mereka dihasilkan untuk kemudian dipresentasikan pada dosen pengasuh mata kuliah.

1) Best Character - Popo Panda - Kaos dan Topi.
2) Best Idea - Donat Karyo. 3) Most Innovative - Multiuse Bag.
4) Most Beautiful - Surfer Stream. 5) Best Concept - MM Ubaya.
6) Most Unique - Sculptbase


Selain diuji dalam kemampuan untuk memanfaatkan perangkat lunak desain grafis berbasis vector, kreativitas para mahasiswa semester II nampaknya benar-benar diuji pada mata kuliah ini. Para dosen mata kuliah ini yang meliputi Stephanus Eko Wahyudi, Ico Susanto, dan Andre Noto ini nampak begitu serius mengamati berbagai merchandise hasil kreasi para mahasiswa tersebut serta mendengarkan presentasi dari masing-masing kelompok.

Dari hasil penilaian dosen pengasuh, diputuskan pula beberapa kelompok yang berhak untuk mendapatkan berbagai jenis penghargaan. Antara lain Best Character (Kelompok 1), Best Idea (Kelompok 4), Best Concept (Kelompok 22), Most Unique (Kelompok 5), Most Innovative (Kelompok 6), and Most Beautiful (Kelompok 16).

Kelompok 1 menciptakan sebuah karakter yang lucu dan menggemaskan, yang diberinama Popo Panda. Karakter yang berbentuk Panda yang terlihat lugu namun begitu lucu ini diwujudkan dalam berbagai bentuk merchandise, berupa topi yang unik, kaos yang didesain dengan indah, dan berbagai jenis merchandise lainnya. Keunikan karakter yang mereka hasilnya mendapat ganjaran sebagai Best Character.

Kelompok 4 yang mengunggulkan serangkaian merchandise dengan merek Dokar yang merupakan singkatan dari Donat Karyo juga tidak kalah kreatifnya, sehingga berhak mendapat gelar Best Idea. Ide-ide segar dan lucu namun mengena dari kelompok ini diwujudkan dalam bentuk kaos, prorotype donat, jigsaw puzzle, dan lain-lain. Serangkai menu unik dan lucu juga mereka ciptakan untuk mendukung konsep yang mereka buat.

Kelompok 22 berhak mendapat penghargaan Best Concept. Meski merchandise yang dihasilkan cukup sederhana dan minim dibandingkan team lain, namun konsep yang ada dibaliknya cukup indah. Konsep desain logo misalnya, benar-benar melalui proses pemikiran matang dan melalui proses riset.

Kelompok 5 yang mendapat gelar Most Unique, tampil beda dengan inovasi product dan materi berbagai merchandisenya. Product yang berupa karakter unik yang bisa diwujudkan melalui selembar karton yang memiliki pola tertentu ini, nampaknya membutuhkan usaha dan kerja yang cukup keras dari kelompok ini.

Kelompok 6 mendapatkan gelar Most Inovative. Serangkaian produk merchandise berupa kaos dan pernak-pernik mereka hasilkan untuk project ini. Namun, yang menarik perhatian adalah sebuah merchandise berupa tas serbaguna, yang selain bisa digunakan sebagai tas, dapat pula berfungsi sebagai celemek.

Kelompok 16 mendapatkan gelar Most Beautiful, dimana selain telah didesain dengan matang, merchandise yang dihasilkan juga nampaknya siap untuk dipasarkan. Presentasi yang dilakukan ditunjang dengan kekompakan team yang pada saat presentasi masing-masing anggota team mengenakan berbagai merchandise yang dihasilkan, mulai dari kaos hingga pin.

Kelompok-kelompok lain, meskipun belum beruntung untuk mendapatkan berbagai penghargaan yang ada, namun tidak perlu kecewa, karena merchandise yang dihasilkan benar-benar luar biasa dan penuh dengan kreativitas. Namun dibutuhkan kerja keras yang lebih lagi pada semester-semester berikutnya, karena hasil ini telah menjadi barometer buat diri mereka sendiri untuk berbagai project berikutnya, maupun bagi adik-adik kelas yang sebentar lagi akan bergabung dalam keluarga besar Program Multimedia, Jurusan Teknik Informatika Universitas Surabaya!.

Oleh: Stephanus Eko Wahyudi


Catatan:
Hasil karya dari Mata Kuliah Aplikasi Komputer Grafis II dan mata kuliah lain akan kembali dipamerkan sekitar minggu II atau III Agustus 2008 untuk dinikmati oleh seluruh keluarga besar Ubaya. Tunggu tanggal mainnya!!.
[eko]
dikutip dari www.ubaya.ac.id