LOGIN

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini57
mod_vvisit_counterKemarin114
mod_vvisit_counterMinggu ini1155
mod_vvisit_counterBulan ini3560
mod_vvisit_counterSemua633370

MAP

Bahasa IndonesiaEnglish (United Kingdom)
Home Berita Laporan Studi Ekskursi Jurusan Teknik Informatika ke Jakarta
Laporan Studi Ekskursi Jurusan Teknik Informatika ke Jakarta
Selasa, 22 Juli 2008 09:19
Share | |
Pada tanggal 14 – 18 Juli 2008 lalu, Jurusan Teknik Informatika mengadakan studi ekskursi ke Jakarta yang diiikuti oleh beberapa orang dosen yang mendampingi puluhan mahasiswa. Acara ini berlangsung seru dengan kunjungan ke beberapa perusahaan yang ada di Jakarta. Simak laporan perjalanan para peserta studi ekskursi tersebut berikut ini, yang dilaporkan oleh Ibu Liliana.

Studi ekskursi Jurusan Teknik Informatika 2008
Jakarta, 14 – 18 Juli 2008

Perjalanan kali ini diawali pada tanggal 14 Juli 2008, pukul 17.00 WIB di stasiun Gubeng, Surabaya. Studi ekskursi ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari 5 orang dosen dan 35 orang mahasiswa dari berbagai angkatan, di jurusan informatika, sistem informasi dan multimedia.

Atas: Foto Bersama seluruh peserta, Bawah-Kiri: Kunjungan ke
Telkom [dok pribadi], Bawah-Kanan: Kunjungan ke
AdIns [dok AdIns/disitu.com]


Rombongan sampai di stasiun Jatinegara, Jakarta, tepat pada pukul 06.30 pagi. Dilanjutkan dengan persiapan studi ekskursi di hotel, yang berlokasi tidak jauh dari stasiun Jatinegara.

Kunjungan pertama terbagi menjadi dua rombongan, yang masing-masing menuju ke Gedung Bank Indonesia di jalan Thamrin dan PT. Telkom di Graha Multimedia di Grha Multimedia.

Di Bank Indonesia, rombongan Ubaya diterima oleh Bapak Martin. Rombongan diberi penjelasan tentang beberapa sistem yang ada di Bank Indonesia, serta diajak berkeliling untuk melihat sistem validasi cek menggunakan alat khusus.

Sedangkan di PT. Telkom, rombongan Ubaya diberikan penjelasan oleh Bapak Teddy tentang layanan yang disediakan oleh PT. Telkom yang ada saat ini dan rancangan masa depan PT. Telkom, sedangkan Ibu Alda menjelaskan tentang fasilitas smart campus, dalam bentuk kerjasama PT.Telkom dan universitas untuk meningkatkan layanan IT kepada mahasiswanya. Setelah presentasi selesai, rombongan diajak untuk berkeliling ke lantai 12 gedung tersebut, untuk melihat bagaimana layanan customer care yang diberikan oleh PT. Telkom untuk pada konsumennya. Bapak Bambang sebagai presenter, memberikan gambaran bagaimana cara melayani kerusakan atau gangguan secara cepat dan memuaskan untuk konsumen.

Setelah makan siang, rombongan meluncur ke PT. Adicipta Inovasi Teknologi (Ad-Ins) di daerah Kebon Jeruk. Ad-Ins, yang berdiri sejak tahun 2000, merupakan sebuah perusahaan yang banyak menghasilkan aplikasi yang digunakan oleh perusahaan lain, seperti laporpajak.com, disitu.com, Confish, dan lain-lain. Selain itu, Ad-Ins juga mengadakan program AdIns Center Of Excellence (ACE), yaitu suatu program untuk melatih para lulusan dari jurusan informatika terpilih, sebagai persiapan untuk bekerja di perusahaan papan atas di Indonesia, seperti di BCA, BII, dan lain-lain. Pada kunjungan kali itu, Bapak Daniel menerima rombongan dan memberikan penjelasan tentang perusahaannya, serta memberikan gambaran mengenai perkembangan IT saat ini. Dari cara membaca data dari dokumen cetak, memproses keuangan perusahaan menggunakan teknologi IT, hingga menginputkan data pajak secara online. Selain itu, Bapak Daniel juga memberikan penjelasan mengenai cara kerja salah satu bank nasional terbesar di Indonesia, serta perkembangan IT dari bank tersebut. Kunjungan rombongan Ubaya ke Ad-Ins dimuat di website disitu.com.

Hari pertama di Jakarta diakhiri dengan acara temu alumni yang diadakan di sebuah restoran di mal. Acara ini dihadiri oleh beberapa alumni Jurusan Teknik Informatika yang telah lama bekerja di Jakarta. Para alumni tersebut adalah Stanley Lesmana dari angkatan 1993, Senggono Pramono dari angkatan 1994, Hendry Pontoh dari angkatan 1999, Dedy dari angkatan 2001, Ivan Yuwono, Elizabeth Listiyani Soelistiyo dan Anastasia Yuni Sundjojo dari angkatan 2002, Dicky Soeryono dan Ivan Alianto dari angkatan 2003. Tujuan dari acara ini adalah untuk sharing dari para alumni ke para mahasiswa yang sampai saat ini belum masuk ke dunia kerja. Acara ini berlangsung dalam suasana yang akrab, dan diselingi dengan pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa, seperti berapa gaji pertama saat mulai kerja, keahlian apa yang dibutuhkan untuk mulai bekerja, bagaimana perasaan saat pertama kali datang ke Jakarta dan lain sebagainya.

Pada hari kedua, rombongan meluncur ke Lippo Karawaci, Tangerang. Ibu Rianna selaku pimpinan di Marahari Studios menyambut rombongan dengan agak terkejut, karena kedatangan rombongan 1 jam lebih awal dari perjanjian. Meskipun meleset dari jadwal, Ibu Rianna dan tim tetap menerima rombongan dengan baik. Kunjungan kali ini, sama seperti kunjungan ke tempat sebelumnya, diawal dengan presentasi, yang berisi tentang company profile dan project yang telah dikerjakan oleh Matahari Studios. Sebagai sebuah software house penghasil game, Matahari Studios telah bekerja sama dengan banyak pihak, baik dalam maupun luar negeri. Untuk dalam negeri, software house ini adalah supplier tetap untuk TimeZone yang ada di mal-mal di Indonesia. Sedangkan untuk luar negeri, Matahari Studios telah bekerja sama dengan banyak perusahaan game di US, Perancis dan negara lainnya. Beberapa project yang telah dikerjakan oleh Matahari Studios, baik seluruh project ataupun hasil kerja sama dengan perusahaan lain adalah Dino Duel Master, Game Wax, Carbon, Swordfish, Waterford, Super Strike, Underground 1 dan lain sebagainya.

Pada hari ketiga di Jakarta, rombongan berkunjung ke Metro TV, sebagai salah satu televisi berita di Indonesia. Bapak Khudori dan Ibu Nita menyambut rombongan Ubaya dan memberikan penjelasan tentang sistem kerja web-site metro tv, yang memungkinkan orang bisa mengikuti perkembangan berita tanah air dan manca negara, tanpa harus selalu berada di depan layar televisi. Setelah sesi presentasi, rombongan diajak berkeliling ke grand studio dan kantor Media Indonesia.

Studi ekskursi diakhiri pada tanggal 17 Juli 2008 di stasiun Gambir, Jakarta, pukul 17.15. Rombongan tiba di Surabaya pada tanggal 18 Juli 2008 pukul 08.30, meleset 2 jam 30 menit dari jadwal yang ditentukan. Para anggota studi ekskursi langsung menuju rumah masing-masing untuk beristirahat.

Demikianlah laporan studi ekskursi tahun ini. Sampai jumpa di studi ekskursi berikutnya.
[eko]

dikutip dari http://www.ubaya.ac.id