LOGIN

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini35
mod_vvisit_counterKemarin143
mod_vvisit_counterMinggu ini35
mod_vvisit_counterBulan ini3151
mod_vvisit_counterSemua642958

MAP

Bahasa IndonesiaEnglish (United Kingdom)
Home Berita Tim UBAYA Menjadi Juara I dan II pada 1st UNIC 2008
Tim UBAYA Menjadi Juara I dan II pada 1st UNIC 2008
Minggu, 09 November 2008 08:35
Share | |
Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi berunjuk kreativitas dan kepedulian dalam The 1st Ubaya National Innovation Challenge (Unic) di Pakuwon Trade Center (PTC) kemarin (8/11). Kompetisi bertema Technopreneurship: Eco-Business for Future itu menantang mahasiswa untuk menyusun sebuah rancangan usaha berbasis teknologi ramah lingkungan.


Tim Ubaya mempresentasikan Business Plan-nya


Delapan tim kemarin mempresentasikan business plan di depan juri dan kompetitor. ''Tim yang ikut babak penyisihan sebenarnya ada 30," kata Ketua Panitia Unic Yusuf Adipura dari Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik Ubaya. Pada penyisihan itu, diambil 25 tim hingga kemudian terseleksi lagi menjadi 8 tim.

Yusuf Adipura menambahkan, kompetisi itu bertujuan memilih mahasiswa-mahasiswa yang memiliki kreativitas dalam membuat rencana berwirausaha dengan berbasis teknologi. Satu kriteria penting lain adalah Eco yang ada dalam tema kompetisi itu.

Jadi, yang dinilai tidak hanya bagaimana memasarkan produk teknologi, tapi juga bagaimana agar tidak merusak lingkungan. ''Kami fokuskan ke teknologi ramah lingkungan," terangnya.

Delapan tim itu masing-masing terdiri atas empat orang. Di antaranya, tim dari Institut Teknologi 10 Nopember (ITS), Universitas Petra Surabaya, Universitas Surabaya (Ubaya), dan Universitas Ma Chung Malang. Mereka mempresentasikan karya masing-masing.

Salah satu tim, yaitu GreenLee Market dari Ubaya, membuat business plan tentang one stop floral shop. Yakni, toko yang menyediakan semua kebutuhan dalam berkebun. Mulai desain taman, peralatan berkebun, jasa perawatan bulanan, dan sebagainya. Semua ada dalam satu toko. Kelompok tersebut terdiri atas Tri Mulyani, Desandito Mulyo, Iliyanto Wijaya, dan Tri Wildanu.

Dalam pengumuman pemenang tadi malam, juara I adalah tim GreenLee dari Ubaya, juara II tim Out of The Box juga dari Ubaya, dan juara III tim Biogreen dari Universitas Petra Surabaya. (alb/roz)

[eko]
dikutip dari www.ubaya.ac.id