LOGIN

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini71
mod_vvisit_counterKemarin138
mod_vvisit_counterMinggu ini984
mod_vvisit_counterBulan ini2004
mod_vvisit_counterSemua650518

MAP

Bahasa IndonesiaEnglish (United Kingdom)
Home Berita Bikin Tema dan Ikon HP Sesuka Hati
Bikin Tema dan Ikon HP Sesuka Hati
Selasa, 20 Januari 2009 08:32
Share | |
Terinspirasi dari berganti-gantinya tema atau tampilan layar pada handphone (HP), Jerry Leonardo Muslim, mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) membuat tugas akhir (TA) yang inovatif. Yakni, sistem yang dapat mengubah tampilan dan ikon dalam setiap menu di HP sesuai dengan selera.

Jerry Leonardo menunjukkan hasil karyanya
[doc. Albudiman - Jawapos]


Jerry mengaku, awalnya dirinya sama sekali tak terpikir untuk membuat sistem yang bisa mengubah tampilan dan tiap-tiap ikon di masing-masing menu HP. ''Saya lalu mengusulkan kepada dosen pembimbing. Ternyata, usul tersebut mendapat respons positif,'' kata Jerry yang baru sidang TA pada 6 Januari lalu.

Mahasiswa jurusan teknik informatika angkatan 2005 itu akhirnya meneliti pembuatan aplikasi web theme composer untuk telepon seluler tipe Nokia Series 40. Jerry memilih series 40 karena series tersebut banyak dipakai. Untuk memulai karyanya, dia memberedel sistem HP miliknya sebagai kelinci percobaan. ''Aplikasinya harus dilakukan di komputer, setelah itu baru di-install ke HP,'' kata pria asal Makasar tersebut.

Untuk gambar, pengguna bisa memilih gambar suka-suka sesuai dengan keinginan. Syaratnya, ukuran gambar untuk ikon harus di bawah 50 kb. Sebab, lebih dari itu, sistemnya bekerja sangat lambat. Untuk tampilan layar, ukuran gambar harus 320 x 240 pixel. ''Pencocokan gambarnya ini butuh waktu lama,'' ungkapnya.

Kelemahannya, kata Jerry, sistem itu belum bisa men-download gambar-gambar secara cepat. ''Ini tergantung besar gambar yang di-download,'' jelasnya. Meski begitu, lanjut dia, ketika HP sudah dioperasionalkan, akan sama dengan theme standar. ''Dan tidak akan mengganggu kinerja HP,'' papar pria yang mengantongi nilai A untuk tugasnya itu.

Menurut Jerry, penelitian tersebut mendapat respons sangat baik dari teman-temannya. Dengan sistem itu, pengguna HP bisa mengganti ikon semaunya. ''Ikonnya bisa diganti menjadi fotonya sendiri-sendiri atau pacarnya,'' ujarnya lantas tertawa. (alb/hud)

dikutip dari Jawapos, 20 Januari 2009
[eko]