LOGIN

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini107
mod_vvisit_counterKemarin166
mod_vvisit_counterMinggu ini543
mod_vvisit_counterBulan ini4172
mod_vvisit_counterSemua633982

MAP

Bahasa IndonesiaEnglish (United Kingdom)
Home Berita Jelajahi Pusat Ekonomi Jatim Lewat SIG Berbasis Google Map
Jelajahi Pusat Ekonomi Jatim Lewat SIG Berbasis Google Map
Selasa, 03 Februari 2009 14:16
Share | |
Waktu singkat tak menghalangi Cendra Yamin menyelesaikan Tugas Akhir (TA) nya. Tak sia-sia pula kerja keras tersebut memperoleh nilai A dan membuahkan IPK 3,8 alias Cumlaude. Menariknya, mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Informatika angkatan 2005 ini mampu menyelesaikan dalam kurun waktu tiga bulan.

“Pembuatan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Pusat Ekonomi di Jatim Berbasis Google Map” begitulah topik yang diambilnya. Alumnus SMAK St Louis 1 Surabaya ini mengatakan proses pengerjaan TA-nya tergolong unik dan susah. Walaupun karyanya ini tergolong inovatif, pengerjaanya ternyata tergantung mood. ”Aku orangnya gak bisa setengah-setengah dalam bekerja. Kalau ada mood untuk ngerjakan ya baru dikerjakan,”tambahnya.

Yamin sendiri mengungkapkan ide kreatif ini terselesaikan berkat bimbingan dua dosennya yaitu Ir Bambang Prijambodo MT dan Daniel Hary Prasetyo S Kom. “Lewat karya ini, semoga masyarakat umum dapat merasakan manfaatnya, tak lupa juga terima kasih kepada para dosen pendamping,” ucapnya.

Sederhana namun bombastis, ungkapan ini cukup untuk menilai karya apik mahasiswa Ubaya satu ini. “Bermodalkan software dreamweaver dan bahasa pemrograman Ajax, Javascript, Google Map API, dan PHP semuanya terselesaikan,” ungkap cowok yang lahir pada 28 Desember 1986 ini.

Hasil yang memuaskan tak selalu mulus, seperti yang ia ungkapkan kesulitan terletak pada penulisan buku. ”Penulisannya cukup sulit hingga perlu beberapa revisi jadi ya musti bolak-balik,” jawabnya dengan tawa ringan. Tak lepas dari itu semua, dukungan orang sekitar sangat membantu pria ramah ini dalam penyelesaian TA tersebut. ”Dukungan itu sangat penting dalam proses pembuatan TA ini dari awal sampai akhir,” tutupnya (cuy/wu).
[eko]

dikutip dari www.ubaya.ac.id