LOGIN

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini107
mod_vvisit_counterKemarin166
mod_vvisit_counterMinggu ini543
mod_vvisit_counterBulan ini4172
mod_vvisit_counterSemua633982

MAP

Bahasa IndonesiaEnglish (United Kingdom)
Home Kebijakan
Share | |

KEBIJAKAN AKADEMIK


Tujuan
FAKULTAS TEKNIK bertujuan untuk menyediakan kesempatan pendidikan bagi mahasiswa strata-1 yang ingin melanjutkan karirnya di bidang “engineering”. Fakultas juga bertujuan untuk mempunyai hubungan yang erat dengan /dan untuk memberikan pelayanan kepada profesi teknik dan komunitas dengan pembelajaran, penelitian-penelitian berteknologi tinggi dan pelayanan konsultan.

Penerimaan
Penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui Ujian Saringan Masuk (USM) atau Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (JPMK) baik di bidang akademik maupun di bidang olahraga (prestasi nasional atau daerah). Semua jurusan di Fakultas Teknik, yaitu: Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Informatika dan Teknik Manufaktur mensyaratkan calon mahasiswanya adalah lulusan SMU jurusan IPA.

Transfer
Calon mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi lain dan ingin menjadi mahasiswa Ubaya harus mengajukan permohonan tertulis ke Rektor Ubaya paling lambat satu bulan sebelum perencanaan studi.
Kriteria masuk Fakultas Teknik Ubaya bagi calon mahasiswa baru yang berasal dari lulusan D3 atau mahasiswa S1 perguruan tinggi lain:

I
Lulusan D3
 
1.
Syarat:
    Lulus D3 dengan IPK >= 2,75
   
Proses tes masuk dan hal-hal lain yang berkaitan dengan substansi diatur di jurusan masing-masing.
 
2.
Persyaratan untuk studi:
    IPS >= 2,00 untuk 1 tahun pertama
   
Masa studi S1 di program studi Fakultas Teknik maksimal 4 tahun
II
Mahasiswa S1 perguruan tinggi lain
 
1.
Syarat:
    IPK >= 2,75
   
Hal-hal lain yang berkaitan dengan substansi diatur di jurusan masing-masing.


Gelar
Fakultas Teknik Universitas Surabaya menawarkan gelar pendidikan Sarjana Teknik untuk program studi-program studi: Teknik elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Informatika dan Teknik Manufaktur.

Kelulusan
Seorang mahasiswa dinyatakan lulus bila berhasil menempuh sejumlah sks tanpa nilai E sesuai kurikulum yang ditetapkan program studi dengan IPK >= 2 dan total nilai D yang diperbolehkan sebanyak 20% total sks. Selain nilai Pancasila minimal C, seorang mahasiswa harus memenuhi ketentuan akademik yang ditetapkan masing-masing jurusan.

Konsultasi Pendidikan
Academic Advising merupakan bagian dari proses pembelajaran yang bertujuan membantu mahasiswa untuk meningkatkan kesadaran dan kemandiriannya sehingga dapat menyelesaikan studinya dengan baik. Mahasiswa yang memerlukan bimbingan dapat menemui academic advisor dari jurusannya. Mahasiswa yang disarankan untuk menemui academic advisor adalah mahasiswa yang memiliki IPK atau IPS lebih kecil atau sama dengan 2,00.

BSS / MSS
BSS adalah status mahasiswa yang tidak melanjutkan studi sementara dan permohonannya dilakukan sebelum perencanaan studi. Sedangkan MSS adalah status mahasiswa yang mengundurkan diri dari kegiatan akademik maupun non akademik yang sedang berlangsung karena alasan tertentu dan dapat diajukan setelah masa perkuliahan mulai sampai hari terakhir minggu tenang.

BSS dan MSS masing-masing tidak boleh dilakukan lebih dari 2 semester berturut-turut dan tidak diperhitungkan sebagai masa studi saat evaluasi dua tahun pertama dan kedua. Mahasiswa yang sedang mengerjakan Tugas Akhir atau Pra Rencana Pabrik tidak boleh mengajukan BSS maupun MSS.

Evaluasi dan Peringatan
Evaluasi studi di Ubaya dilakukan dua kali, pada akhir dua tahun pertama dan akhir dua tahun kedua masa studi yang ditempuh (tidak termasuk BSS atau MSS) terhitung mulai saat mahasiswa tersebut terdaftar di program studi.

Seorang mahasiswa dinyatakan lolos evaluasi dua tahun pertama apabila telah menempuh minimal 36 sks tanpa nilai E dengan IPKm >= 2 serta nilai Kalkulus I, Fisika I dan Praktikum Fisika minimal D.

Seorang mahasiswa dinyatakan lolos evaluasi dua tahun kedua bila telah menempuh minimal 78 sks tanpa nilai E dengan IPKm >= 2.

Sebelum akhir dua tahun pertama, mahasiswa terancam drop out bila jumlah sks yang telah ditempuh tanpa nilai E dengan IPK = 2 kurang dari yang minimal harus ditempuh.
  (IPKm - 1) x sksm £ (jumlah semester yang ditempuh/4 x 36 sks)


Demikian juga, sebelum akhir dua tahun kedua, mahasiswa terancam drop out bila jumlah sks yang telah ditempuh tanpa nilai E dengan IPK = 2 kurang dari yang minimal harus ditempuh.
  (IPKm - 1) x sksm £ (jumlah semester yang ditempuh/8 x 78 sks)



Profil Lulusan (S1) Fakultas Teknik Universitas Surabaya yang diharapkan :

* Mempunyai kemampuan untuk menerapkan matematika, ilmu pengetahuan dan teknik
* Mempunyai kemampuan untuk menganalisa dan menerjemahkan data hasil eksperimen
* Mempunyai kemampuan untuk bekerja dalam tim multidisiplin
* Mempunyai kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan teknik
* Mempunyai pemahaman akan tanggung jawab profesional dan etik
* Mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif
* Mempunyai kemampuan untuk belajar sepanjang hidupnya
* Mempunyai kemampuan untuk menggunakan teknik, ketrampilan dan peralatan teknik modern yang wajib untuk praktek-praktek teknik