LOGIN

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini36
mod_vvisit_counterKemarin143
mod_vvisit_counterMinggu ini36
mod_vvisit_counterBulan ini3152
mod_vvisit_counterSemua642959

MAP

Bahasa IndonesiaEnglish (United Kingdom)
Home Program Informatika
Teknik Informatika
Share | |

Website : http://if.ubaya.ac.id


Akreditasi
BAN-PT No. 005/BAN-PT/Ak-SURV-II/S1/I/2011 dengan peringkat “A”

Kurikulum
Kurikulum yang dimiliki oleh Teknik Informatika Fakultas Teknik UBAYA tidak hanya dibuat untuk memberikan dasar pengetahuan dan keterampilan yang kuat bagi mahasiswa tetapi juga memberikan fleksibilitas yang tinggi bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri mereka pada bidang tertentu. Teknik Informasi Fakultas Teknik UBAYA memiliki empat konsentrasi. Pembagian konsentrasi ini bertujuan untuk membuat mahasiswa lebih terfokus dalam memilih keterampilan yang ingin mereka kuasai.



Konsentrasi Enterprise Information System

Konsentrasi ini akan mempelajari peran komputer di dalam membantu menyelesaikan masalah pada bisnis dan industri. Untuk mencapai tujuan ini, mahasiswa akan mempelajari manajemen yang diperlukan untuk membuat peran tersebut menjadi optimal.



Konsentrasi Computer Network and Web Programming

Konsentrasi di bidang ini berfokus pada sisi teknologi, sisi aplikasi dan komunikasi data. Dengan mempelajari sisi teknologi dari jaringan komputer mahasiswa diharapkan akan bisa mengetahui teknologi terbaru yang ada. Teknologi jaringan komputer yang akan dipelajari adalah Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), dan internet. Sedangkan, sisi aplikasi akan membuat mahasiswa dapat menggunakan teknologi yang ada untuk menyelesaikan masalah di bidang bisnis dan industri. Mahasiswa akan belajar membuat aplikasi web.



Konsentrasi Computer Graphics and Multimedia

Konsentrasi di bidang ini berfokus pada pembuatan aplikasi multimedia dan pembuatan multimedia author tools. Pembuatan aplikasi multimedia mempunyai titik berat pada perancangan aplikasi multimedia dan beberapa tools untuk membantu pembuatan aplikasi multimedia. Sedangkan, pembuatan multimedia author tools berfokus pada algoritma yang digunakan untuk pembuatan tools.



Konsentrasi Intelligent System Model

Konsentrasi di bidang ini berfokus pada pemodelan terhadap masalah-masalah optimasi yang dihadapi di dunia nyata. Selain itu, konsentrasi ini akan mempelajari pemodelan dari sistem dengan menggunakan inteljensia buatan.


Beban Studi
Total 144 sks dengan masa studi 8 semester. Mata kuliah kerja praktik bisa diambil setelah mahasiswa menyelesaikan 90 sks. Proposal tugas akhir bisa diambil setelah mahasiswa menyelesaikan 110 sks sedangkan sidang tugas akhir bisa dilakukan setelah menyelesaikan 129 sks.

Bidang Kerja Lulusan
Dalam karirnya, seorang sarjana teknik informatika dapat menduduki beberapa profesi antara lain sebagai :

* Analisis Sistem,
* Data-Base Administrator,
* Network Analyst,
* Web Programmer,
* Multimedia Designer maupun Multimedia Implementor,
* Pembuat Tool Aplikasi Multimedia,
* Konsultan bagi perusahaan yang ingin melakukan optimasi dalam sistem mereka,
* System Modeller,
* Programmer,
* EDP Manager,
* A Training Specialist (Instructor),
* Project Leader (Project Director atau Manager).