LOGIN

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini278
mod_vvisit_counterKemarin271
mod_vvisit_counterMinggu ini278
mod_vvisit_counterBulan ini278
mod_vvisit_counterSemua400513

MAP

Bahasa IndonesiaEnglish (United Kingdom)
Home Program Manufaktur
Teknik Manufaktur
Share | |

Website :
http://tm.ubaya.ac.id

Akreditasi
BAN-PT No. 06233 /Ak-VII-S1-008 /USKTKI /IV/2004 dengan peringkat “A”

Kurikulum
Kurikulum Teknik Manufaktur Fakultas Teknik UBAYA diarahkan untuk memberikan dasar yang kuat dalam matematika, mekanika teknik, pengetahuan bahan teknik, ilmu-ilmu keteknikan dasar dan menengah, aplikasi teknologi tinggi, otomasi industri dan teori-teori optimasi serta dasar-dasar analisis ekonomi dan manajemen produksi. Untuk membangun kompentensi di bidangnya, pembelajaran dilaksanakan dengan meng-kombinasikan pembelajaran klasikal (tatap muka), pembelajaran berbasis proyek (tugas-tugas perancangan) dan juga berbasis laboratorium (praktikum).

Untuk itu Teknik Manufaktur dilengkapi berbagai peralatan untuk menunjang pembelajaran. Peralatan-peralatan tersebut meliputi peralatan produksi untuk bahan logam dan kayu, baik manual maupun yang berbasis CNC (Computer Numerical Control), peralatan pengujian bahan serta program komputer untuk perancangan produk CAD/CAM/CAE.

Semua peralatan tersebut terlingkup di dalam Laboratorium Desain Produk dan Laboratorium Sistem dan Teknologi Manufaktur. Disamping itu, untuk membangun keahlian di bidang perancangan sistem kerja, Teknik Manufaktur juga didukung oleh Laboratorium Work Design dan Ergonomic di bawah Teknik industri.
Pilihan Konsentrasi studi di Teknik Manufaktur meliputi :
- Teknik dan Manajemen Produksi
- Desain Produk

Di akhir studi mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan kerja praktik di industri manufaktur untuk mengamati permasalahan nyata yang terjadi di industri dikaitkan dengan bekal ilmu yang dimiliki. Selain itu, setelah mencapai 122 sks dan dengan IPK minimal 2,00. Mahasiswa juga diwajibkan menyelesaikan tugas akhir. Tugas akhir ini bertujuan untuk mendorong calon lulusan agas mampu menganalisis dan melakukan sintesis dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Dengan kurikulum seperti diuraikan di atas diharapkan dapat dihasilkan sarjana teknik manufaktur yang memiliki dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan profesional dalam perancangan produk dan proses pembuatan secara optimal.
Selain itu juga mampu mengaplikasikan teknologi tinggi dan mempunyai wawasan bisnis dan manajemen produksi.

Konsep dan teknik-teknik pengembangan produk (product development) dipelajari lebih dalam dan meliputi semua aspek yang berkaitan dengan nilai tambah, kualitas dan reliabilitas (keandalan) produk.

Beban Studi
Total 144 sks dengan lama masa studi 8 semester.

Bidang Kerja Lulusan
Dalam karirnya, seorang sarjana teknik manufaktur dapat menghadapi tantangan karir di bidang perancangan produk, perancangan proses dan manajemen produksi.