IF Ubaya Laksanakan Program Praktisi Mengajar Bersama Praktisi

IF Ubaya Laksanakan Program Praktisi Mengajar Bersama Praktisi 1 (1)

Program Network & Cyber Security (NCS) – Teknik Informatika – Ubaya mendapatkan kerjasama dengan program Praktisi Mengajar tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik. Tujuan diadakan program Praktisi Mengajar adalah menutup kesenjangan kompetensi lulusan baru dengan kebutuhan dunia kerja, mendorong kolaborasi perguruan tinggi dan industri, serta mempersiapkan SDM unggul bagi Indonesia. Bersama dengan ahli praktisi IOT, yaitu Bapak Herry Darmawan, S.Kom. Beliau memberikan pengajaran di salah satu mata kuliah kuliah pilihan dari program NCS, yaitu IoT Implementation. Bapak Herry Darmawan merupakan founder dari BelajarMikroTik.com dan CEO AXELBIT Training Center.

Materi yang diajarkan di kelas IoT Implementation kali ini pun beragam, mulai dari teori IOT, pengggunaan Rasberry Pi, hingga pembuatan IOT berupa Automated Plant Watering System. Automated plant watering system merupakan alat pernyiram tanaman otomatis yang terhubung dengan cloud. Automated Plant Watering System ini merupakan project UTS yang diberikan di kelas IOT. Selama di kelas, mahasiswa dapat mencoba dan terlibat langsung dalam pembuatannya. Mahasiswa terlihat antusias dan fokus selama praktik di kelas. Bapak Herry juga cepat dalam menanggapi bila terjadi error ataupun pertanyaan dari mahasiswa.

Mahasiswa juga diajarkan cara pembuatan algoritma sensor, seperti pendeteksi temperatur, cahaya, dan sebagainya menggunakan bahasa python. Untuk mencoba apakah sensor temperaturnya berhasil secara cepat, teman-teman mahasiswa mencoba dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan hair dryer hingga digosokkan dengan tangan.

Kemudian, mahasiswa djuga diajarkan tentang bagaimana mengetahui kelembapan tanah. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah teknik penyiramannya juga. Kita perlu memberi jeda setiap penyiramannya untuk memberi waktu tanah menyerap air, sehingga pengukuran kelembapan pun lebih baik.

”Kelas nya seru karena bisa langsung hands-on mencoba Rasberry Pi dan belajar tentang IoT. Selain itu saya juga membuat beberapa komponen untuk mendukung pembuatan project UTS tentang automated plant watering system.”, kesan Reynard Halim, salah satu mahasiswa mata kuliah IoT Implementation.

Seru sekali ya kegiatan di kelas IoT Implementation. Semoga kolaborasi yang terjadi di program Praktisi Mengajar dapat menjadi jembatan bagi mahasiswa untuk semakin bekarya dan menjadi SDM unggul bagi Indonesia.

IF Ubaya Laksanakan Program Praktisi Mengajar Bersama Praktisi 2 (1)